Cara Membeli Saham Syariah

Cara Membeli Saham Syariah- Saham menjadi salah satu jenis investasi yang dapat dibeli oleh siapapun yang mempunyai dana yang cukup. Untuk membelinya bukan hanya yang konvensional saja, dalam bentuk syariah juga ada.

                               Cara Membeli Saham

Yang mana diatur dengan prinsip syariah pada pasar modal. Bagi para pemula juga dapat belajar cara membeli saham syariah secara otodidak. Saham syariah merupakan pilihan yang tepat bagi anda yang ingin memulai investasi pada pasar modal, tapi khawatir tentang status halal atau tidaknya dari investasi yang akan dipilih.

Bagaimana Cara Membeli Saham Syariah ?

Perlu diketahui bahwa terdapat dua jenis saham syariah yang diakui oleh pasar modal indonesia. Untuk yang pertama yaitu saham yang dinyatakan telah memenuhi kriteria seleksi saham syariah, yang mana berdasarkan pada peraturan OJK mengenai kriteria serta penerbitan daftar efek syariah.

Dan yang kedua yaitu saham yang telah dicatat sebagai saham syariah oleh perusahaan atau emiten publik syariah yang berdasarkan pada peraturan OJK. Untuk cara dalam membeli saham syariah maka anda bisa simak penjelasannya dengan rinci berikut ini yang bisa anda ikuti, yaitu :

Menyiapkan dokumen

Cara pertama yang perlu anda lakukan untuk membeli saham syariah yaitu menyiapkan dokumen yang diperlukan. Misalnya seperti KTP (Kartu Tanda Penduduk), buku tabungan, NPWP, serta materai.

Memiliki Rekening Saham

Langkah yang paling penting juga untuk membeli saham syariah yaitu anda perlu memiliki rekening saham. Jadi sebelum anda melakukan investasi dalam bentuk saham anda harus membuat rekening khusus saham syariah terlebih dahulu jika belum memilikinya.

Memilih Saham

Setelah anda menyiapkan semua dokumen yang dibutuhkan dan juga sudah mempunyai rekening saham, maka cara membeli saham syariah selanjutnya yaitu anda harus sudah tahu betul mengenai usaha mana yang akan dipilih oleh and, untuk disalurkan di deposit awal investasi.

Jangan lupa juga untuk mengulik info secara terperinci mengenai perkembangan saham yang telah anda pilih. Pastikan juga saham tersebut memang benar-benar saham syariah, yang mana sesuai dengan ketentuan OJK (Ooritas Jasa Keuangan).

Menyetor Formulir dan Uang

Cara membeli saham syariah berikutnya yaitu anda perlu mendaftarkan diri anda sebagai investor di pasar modal dengan cara mengisi formulir pendaftaran. Isilah data-data yang diperlukan dengan benar.

Setelah selesai, maka anda perlu menyetorkan formulir tersebut. kemudian anda juga harus menyetorkan dana awal ke nomor rekening RDI atau dana investor.

Dan mengenai besaran dana awal yang perlu disetorkan, tentu masing-masing dari perusahaan sekuritas itu memiliki ketentuan yang berbeda-beda dengan menyesuaikan dari saham mana yang anda pilih.

Transaksi

Selanjutnya yaitu pihak sekuritas akan memberikan akun RDN rekening dana nasabah kepada anda sebagai pemilik saham, yang mana berisi username dan password untuk melakukan transaksi.

Baca Juga :  Cara Beli Saham Agar Tidak Tertipu

Pengecekan

Dan yang terakhir anda jangan sampai lupa untuk melakukan review secara berkala, mengenai kinerja saham syariah yang anda miliki. Pengecekan tersebut dapat anda lakukan setiap satu bulan, tiga bulan, enam bulan, dan seterusnya.

Review tersebut sangat penting untuk anda lakukan agar bisa memastikan lagi apakah keputusan investasi yang telah diambil sudah benar atau belum.

Nah, itulah yang bisa anda lakukan untuk cara membeli saham syariah. Jadi bagi anda yang bingung untuk memulai investasi saham syariah, anda bisa simak pembahasan yang telah kami jelaskan di atas. Untuk memulai saham syariah sebenarnya tidaklah sesulit yang dibayangkan, karena bagi pemula juga bisa belajar secara otodidak. Selamat mencoba.

 

 

 

Recommended For You

About the Author: winda Setyani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 × 1 =